Sabtu, 25 Februari 2017

Instrumen Monitoring 8 Standar Nasional Pendidikan

Posted by on Sabtu, 25 Februari 2017
Aplikasi Instrumen Monitoring 8 Standar Nasional Pendidikan
Instrumen Monitoring 8 Standar Nasional Pendidikan ini kami bagikan dalam bentuk sebuah Aplikasi dalam format Ms.Excel. Aplikasi Instrumen Monitoring 8 SNP ini membantu setiap Guru,Kepala sekolah, Pengawas dan Sekolah dalam pelaksanakan Monitoring.

Apa sajakah 8 Standar Nasional Pendidikan??


  • STANDAR ISI:Hal ini juga mencakup materi minimal serta tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan juga jenis pendidikan tertentu. Standar ini tersebut memuat kerangka dasar dan juga struktur kurikulum, beban belajar serta kurikulum satuan pendidikan dan kalender pendidikan.
  • STANDAR PROSES:Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang dan juga membuat termotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan juga kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan psikologis dan fisik peserta didik. Namun didalam proses pembelajaran tersebut juga harus memasukkan unsur keteladanan.
  • STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN:Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional tersebut. Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh sang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan dari undang – undang yang berlaku.
  • STANDAR SARANA DAN PRASARANA:Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perlengkapan sarana pendidikan, buku dan sumber belajar yang lainnya. Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan kelas, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, laboratorium dan ruangan penunjang lainnya.
  • STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN:Pembiayaan pendidikan terdiri dari biaya Operasi, investasi serta biaya personal. Biaya investasi satuan pendidikan dimaksud meliputi biaya sarana prasarana, pengembangan SDM dan modal kerja tetap. Sementara biaya personal yang dimaksud adalah biaya pendidikan yang harus dikeluarkan pesesrta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara Kondusif, teratur dan juga berkelanjutan. Sementara biaya operasi yang dimaksud meliputi gaji tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan juga tunjangan yang melekat pada gaji. Bahan dan peralatan habis pakai dan juga biaya tak langsung pendidikan seperti biaya telekomunikasi, konsumsi dan transportasi.
  • STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN: Penilaian pada jenjang pendidikan dasar sampai jenjang menengah terdiri dari penilaian hasil belajar oleh pendidik. Satuan pendidikan dan oleh pemerintah. Sementara untuk pendidikan tinggi terdiri dari penilaian pendidik dan juga satuan pendidikan tinggi.
Itulah pengertian dan maksud dari 8 Standar Nasional Pendidikan. dan untuk Instrumen Monitoring 8 Standar Nasional Pendidikan sebagai persiapan dalam monitoring, silahakn langsung saja Bapak dan Ibu download file lengkapnya pada link yang tersedia berikut ini:

1 komentar: