Rabu, 08 Maret 2017

Menentukan Spesifikasi Komputer Server UNBK

  Edu Indonesia       Rabu, 08 Maret 2017
Menentukan Spesifikasi Komputer Server UNBK adalah sebuah pilihan yang harus tepat agar semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah nantinya.Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah server sangatlah penting untuk sebuah UBK dan UNBK karena server yang berkualitas akan menentukan jalannya sebuah Aplikasi dan jaringan untuk Komputer lainnya. Komputer server adalah suatu komputer yang digunakan sebagai pusat penyimpanan data. Ada berbagai
macam kegunaan misalnya sebagai data storage, web server, mail server, dll.
Kegunaan dari Komputer Server
Yang utama adalah menentukan dulu akan dibuat apa komputer server ini? Jika anda sudah bisa menjawab maka menentukan spesifikasinya akan lebih mudah. Dalam hal ini saya mengkategorikan menjadi 2 yaitu:
Office Server (Lebih ke arah penggunaan yang professional)
Home Server (Lebih ke arah penggunaan yang sederhana hingga medium)
Manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda?
Jika anda menjawab office server maka saya merekomendasikan PC server buildup
Jika anda menjawab home server maka saya merekomendasikan PC server rakitan.
Mari kita bahas untuk lebih lanjut tentang server buildup dan rakitan.
 Spesifikasi Komputer Server UNBK

BagianBagian Penting Dalam Spesifikasi Komputer Server
Komputer server terdiri dari berbagai macam komponen yang dapat kita pilih, sama seperti spesfikasi komputer rakitan biasa. Untuk komputer server buildup spesifikasinya sudah ditentukan berdasarkan tipetipe yang ada, sedangkan jika anda merakit sendiri komputer server anda bisa menentukan sendiri. Berikut ini adalah bagianbagian penting dalam spesifikasi komputer server:
Processor
Processor saya membaginya menjadi 2 bagian juga yaitu Intel Xeon dan Core i7/i5 (hashwel/4xxx). Untuk
komputer server paling bagus menggunakn Intel Xeon karena perfoma dari processor ini memang di desain khusus untuk server. Pengaturan stabilitas, cache, dll lebih bagus daripada processor pada umumnya. Untuk processor biasa core i7/i5 tetap bisa kalau anda jadi server tetapi hasil perfomanya
akan kalah dengan Xeon saat melayani clientclient dalam network. Core i7/i5 cocok dipakai untk individu karena lebih cepat. Jika anda pernah memakai intel Xeon anda pasti merasakan, jika anda pakai komputer server itu akan terkesan lambat. Memang Xeon lambat jika dipakai di komputer servernya tetapi dalam proses pelayanan client Xeon lebih cepat dan stabil. Untuk komputer server pendapat saya yang penting STABIL. Karena server akan diakses oleh banyak orang jika putus nyambung atau hang akan membuat client susah. Bagi anda yang home server masih bisa menggunakan processor standart karena client yang dilayani tidak banyak dan pemakaian juga standart dan lagi anda pasti akan lebih menghemat budget.
Motherboard
Untuk motherboard saya tidak membahas begitu mendetail karena motherboard untuk Xeon biasanya
menggunakan milik intel sendiri sedangkan untuk processor standart sama seperti rakitan pada umumnya motherboard dapat anda temui berbagai macam merk.
Satu hal yang pasti harus dimiliki jika anda akan memakainya sebagai office server, MOTHERBOARD HARUS MEMILIKI FITUR RAID. Fitur raid ini dipakai untuk melakukan backup antar hard disk secara otomatis. Jadi minimal anda harus memiliki 2 hard disk dengan sistem raid, secara otomatis jika hard disk 1 rusak anda tinggal langsung pasang hard disk 2 dan server siap berjalan kembali 2
INGAT: motherboard komputer standart tidak di desain untuk menyala 24/7 jadi harus ada jeda dimana koputer harus istirahat/mati. Sedangkan motherboard server (untuk intel Xeon) sudah di desain bisa 24/7 jadi lebih kuat tanpa harus dimatikan sekalipun.
Storage
Untuk tempat penyimpanan merk yang sering kita pakai adalah Seagate dan Western Digital (WD) tetapi untuk server ada 2 jenis koneksi yaitu SATA dan SAS. Perbedaannya adalah pada kecepatan SAS (15.000 RPM) lebih cepat daripada SATA (7200 RPM). Dan ada fitur “hotswap”,
fitur ini harus join dengan sistem RAID jadi ketika ada crach hard disk dapat langsung dilepas dan dipasang tanpa harus mematikan komputer server. Fitur inimsangat diperlukan untuk penggunaan professional sedangkan untuk home office saya rasa tidak perlu.

Itulah sekilas dari pembahasan kita mengenai Spesifikasi Komputer Server UNBK dan untuk lebih lengkap dan jelas silahkan langsung saja miliki file lengkapnya dalam bentu Spesifikasi Server Komputer UNBK pdf pada link yang telah kami sediakan berikut ini:

logoblog
Klik Share sebelum Download

Demikian yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan Informasi yang baik dan benar juga memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda mengenai Menentukan Spesifikasi Komputer Server UNBK serta dapat melengkapi Prangkat Pembelajaran untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.

Baca Juga Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Thanks for reading Menentukan Spesifikasi Komputer Server UNBK

    Previous
    « Prev Post

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar