Minggu, 23 Juli 2017

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah

Posted by on Minggu, 23 Juli 2017
Kepala sekolah/Madrasah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah yang diselenggarakan proses belajar-mengajar. Pelaksanaan tugas pokok kepala sekolah harus dapat diukur melalui penilaian kinerja kepala sekolah. Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud meliputi: 1. usaha pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah; 2. peningkatan kualitas sekolah berdasarkan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan;3. perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pengawasan pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya pembinaan dan bimbingan kepada guru; 4. usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah.

Untuk melaksanakan tugas pokoknya secara efektif dan efisien, kepala sekolah memerlukan panduan kerja. Panduan kerja kepala sekolah ini memberikan rambu-rambu kepada kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya dan mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pembinaan dan penilaian yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan. Berdasarkan uraian di atas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, memberikan perhatian terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan melalui penerbitan Panduan Kerja Kepala Sekolah.
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
Untuk lebih lengkap mengenai Kerja Kepala Sekolah/Madrasah maka dapat Bapak dan Ibu lihat pada Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah/Madrasah. Bagi yang ingin memiliki Buku Panduan Kerja KS tersebut silahkan langsung saja untuk mendownload filenya pada link di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar