Jumat, 28 Juli 2017

Tugas Utama Guru

Juli 28, 2017
7 Tugas Utama Guru dalam kegiatan pembelajaran sebagai Guru Profesional terlepas dari berbagai tugas Administrasi dan berbagai program lainnya. Sebagai seorang Pendidik Guru banyak mengalami berbagai kendala dalam misi untuk mencerdakan bangsa. Apalagi saat ini Guru juga di tuntut untuk senantiasa mengikuti berbagai program yang di keluarkan oleh pemerintah. Lalu sebenar apa tujuan utama serta tugas Guru yang utama dalam profesinya sebagai Guru Profesional? berikut akan kami paparkan Tujuh Tugas Utma Guru.

Apa Tugas Utama Guru

Tugas Utama Guru

  1. Guru sebagai Pendidik. Ingat  apa yang terlihat, terdengar dan terasa oleh siswa dari guru  harus berfungsi sebagai teladan yang akan ditiru dan diamalkan oleh siswa, karena itu beri teladan baik buat siswa dalam segala kesempatan
  2. Guru sebagai pengajar. Pada posisi ini guru harus menjadikan dirinya sebagai seorang  professional dan memiliki kompetensi  sesuai dengan mata Pelajaran yang diajarkan, karena bagaimana mungkin dapat melahirkan siswa yang memiliki kompetensi kalau guru immpotensi
  3. Guru sebagai Pembimbing. Pada posisi ini seyogianya guru berada dibarisan depan untuk membimbing siswa kearah tujuan yang diharapkan. Karena itu guru harus pro aktif dalam memahami kondisi dan potensi yang dimiliki siswa.
  4. Guru sebagai Pengarah. Arahkan siswa untuk dapat mengembangkan seluruh potensi dan kretifitas siswa kepada tujuan pembelajaran, rangsang siswa untuk mampu merespon dan melakukan sendiri apa yang seharusnya mereka lakukan.
  5. Guru sebagai Pelatih. Pada posisi ini guru harus mampu memberikan latihan secara secara terukur dan terus menerus agar apa yang menjadi target pembelajaran tercapai
  6. Guru sebagai Penilai. Menilai siswa berarti sebuah upaya untuk mengetahui apakah proses pembelajaran yang sudah dilakukan telah dilakukan secara efektif, karena itu lakukan kegiatan penilaian ini secara teratur dan terukur.
  7. Guru melakukan Evaluasi kegiatan pebelajaran.  Itulah sebabnya seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran harus dilakukan kajian dan analisis. Kalau nilai siswa sudah dianggap baik, tentu cari tahu apa sebabnya, demikian pula sebaliknya.
Untuk mengakomodir dan mewujudkan tugas-tugas utama Guru tersebut,  ada beberapa langkah yang harus disiasati oleh guru yaitu :
  1. Buat perencaaan pembelajaran sesuai dengan tujuan 
  2. Lakukan proses pembelajaran aktif, reaktif, pro aktif dan efektif.
  3. Evaluasi hasil pembelajaran secara teratur dan terukur
  4. Analisa respon dan jawaban siswa
  5. Lakukan perbaikan penyajian dan perencaan pembelajaran berikutnya

Thanks for reading Tugas Utama Guru

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Folder Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger