Senin, 28 Agustus 2017

Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017

  Edu Indonesia       Senin, 28 Agustus 2017
Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017
Sertifikasi guru (sergur) tahun 2017 dilakukan melalui pola PLPG dengan melibatkan berbagai institusi seperti Kementerian Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG), LPMP, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, dan LPTK Rayon dan Subrayon. Mekanisme dan alur kerja diantara institusi-institusi tersebut disajikan pada Gambar 3.1.

Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017
Penjelasan alur sertifikasi guru yang disajikan pada Gambar 3.1. sebagai berikut
1. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengumumkan daftar calon peserta sertifikasi guru Tahun 2017 melalui laman Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG).
2. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menginformasikan kepada Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan LPMP tentang proses penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2017.
3. LPMP menginformasikan kepada Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota tentang penggunaan Aplikasi penetapan peserta sertifikasi guru 2017.
4. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota menginformasikan kepada guru yang terdaftar sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru pada AP2SG untuk mengumpulkan berkas sertifikasi guru. Berkas yang dikumpulkan sesuai dengan ketentuan pada Buku Pedoman Penetapan Peserta (Buku 1).
5. Bakal calon peserta sertifikasi guru 2017 menyerahkan berkas sertifikasi guru ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai waktu yang telah ditentukan dan dilengkapi dengan pakta integritas.
6. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota melakukan perbaikan data guru melalui AP2SG berdasarkan berkas guru yang kemudian berkas tersebut dikirim ke LPMP untuk dilakukan verifikasi. Proses perbaikan data ini, dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota melakukan usulan penghapusan data calon peserta pada AP2SG apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut:
a. meninggal dunia,
b. sakit permanen,
c. melakukan pelanggaran disiplin,
d. mutasi ke jabatan selain guru,
e. mutasi ke kabupaten/kota lain,
f. mengajar sebagai guru tetap di Kementerian lain,
g. pensiun,
h. mengundurkan diri dari calon peserta (dilengkapi surat pengunduran diri dari yang bersangkutan), dan/atau
i. sudah memiliki sertifikasi pendidik (guru atau dosen) baik di kementerian pendidikan dan kebudayaan maupun di kementerian lain, kecuali sertifikasi kedua.
7. LPMP melakukan verifikasi berkas calon peserta dan memberikan persetujuan peserta sertifikasi guru Tahun 2017 melalui AP2SG.
8. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota mencetak Format A1 untuk ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota, kemudian diberikan kepada calon peserta sertifikasi guru untuk diselipkan pada dokumen yang dikumpulkan atau wajib dibawa peserta pada saat datang mengikuti proses pelaksanaan sertifikasi guru di LPTK Rayon dan Subrayon sesuai zona masing masing.
9. Calon peserta sertifikasi guru menyiapkan berkas sesuai dengan ketentuan dan menyerahkannya kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.
10. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota menyerahkan berkas sertifikasi guru kepada LPMP untuk diverifikasi.
11. Calon peserta sertifikasi guru tahun 2017 yang terdaftar pada AP2SG, harus telah mengikuti UKG/UTN dan melakukan kegiatan pembekalan dengan belajar mandiri. Khusus untuk peserta yang berasal dari Program Keahlian Ganda, kegiatan pembekalan dilakukan pada saat “on” (sedang berkegiatan di sekolah masing-masing).
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan mengenai Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017. Dan untuk lebih lengkap dan jelas mengenai informasi tersebut Anda dapat mendownload filenya secara lengkap pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini.
Download Juknis Sergur 2017 Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017
logoblog
Klik Share sebelum Download

Demikian yang dapat kami bagikan pada Artikel kali ini, semoga isi dari Artikel kali ini dapat memberikan Informasi yang baik dan benar juga memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan pencarian Anda mengenai Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017 serta dapat melengkapi Prangkat Pembelajaran untuk berbagai kegiatan yang sedang di laksanakan dan di kerjakan.

Baca Juga Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Thanks for reading Mekanisme, Alur Kerja, Dan Aktivitas Institusi Sertifikasi Guru Tahun 2017

    Previous
    « Prev Post

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar