Rabu, 23 Agustus 2017

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA sesuai Permendikbud No 23 Tahun 2016 Revisi 2017

Posted by on Rabu, 23 Agustus 2017
Download Aplikasi Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA (Sekolah Menengah Atas) sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Revisi 2017 yang di keluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Tahun 2017 ini merupakan penyempurnaan dari Panduan Penilaian untuk SMA edisi Tahun 2015 dan digunakan bagi SMA pelaksana Kurikulum 2013. Beberapa penyempurnaan diataranya, mempertajam pemahaman KKM sebagai standar ketuntasan satuan pendidikan, perbedaan cakupan materi pada penilaian Akhir Semester dan Penilaian Akhir Tahun, alur remedial pembelajaran termasuk penilaiannya, pengolahan nilai hasil belajar pada aspek pengetahuan dan keterampilan, format Rapor, dan pengembangan penilaian oleh satuan pendidikan dalam bentuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional, serta penambahan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti pada laporan hasil belajar akhir (rapor).

Menindaklanjuti amanat peraturan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan SMA bersama Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Panduan ini disusun dan dikembangkan dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, bahwa salah satu permasalahan utama adalah penilaian hasil belajar peserta didik antara lain:

  1. Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2).
  2. Masih banyak guru yang belum terbiasa menggunakan beberapa teknik penilaian, seperti portofolio dan proyek dalam melakukan penilaian keterampilan.
  3. Sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan interval nilai predikat pengetahuan dan keterampilan yang merujuk KKM untuk batas minimal predikat C.
  4. Pemahaman dan implementasi remedial di sekolah masih banyak persepsi yang berbeda-beda. Mengatasi permasalahan di atas, disusun panduan penilaian yang bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan. Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, penilaian oleh satuan pendidikan serta format rapor dan cara pengisiannya.
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA sesuai Permendikbud No 23 Tahun 2016 Revisi 2017

Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA sesuai Permendikbud No 23 Tahun 2016 Revisi 2017

Panduan ini membahas penilaian hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluas proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran. Penilaian hasil belajar peserta didik meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, dan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.

Maka dari itu senantiasanya Setiap Guru SMA memiliki Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA ini agar kegiatan penilaian yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik dan benar. Bagi Anda yang belum memiliki file ini dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar