Jumat, 15 September 2017

Laporan OJL PKB

Posted by on Jumat, 15 September 2017
Laporan OJL (On The Job Learning) PKB - Saat ini sedang maraknya di selenggarakan kegiatan BANTAH (Bantuan Pemerintah) untuk Lanjutan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di beberapa daerah di Indonesia. dan salah satunya yang mengikuti kegiatan tersebut adalah di daerah Admin tinggal. Kegiatan ini sangatlah sering dengan menggunakan 2 modul PKB C dan F. Di dalam kegiatan ini untuk setiap kecamatan terdiri dari 40 peserta yang di pimpim oleh Tutor yang memberikan pembelajaran besifat diskusi tiap kelompok sesuai dengan Gugus.

Lalu apa saja kegiatan yang dilaksankan? Berbagai kegiatan yang di laksankan di antaranya adalah menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan tutor secara berkelompok, melaksanakan presentasi dan di akhiri dengan membuat laporan yang lumayan banyak yang di kerjakan oleh kelompok masing-masing.

Salah satu laporan yang akan di buat yaitu On The Job Learning (OJL). Jangan sampai berfikir seperti yang di buat Calon Kepala Sekolah yah. OJL di sini bersifat sederhana tidak sekomplek miliki kepala sekolah. Mengapa Admin berkata demikian ? Karena banyak yang ketakutan sebelum mengerjakan OJL PKB ini, maklum seperti yang kita ketahui OJL KS itu sangatlah Rumit.
Laporan OJL PKB

Isi dari Laporan OJL PKB

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Hukum Pelaksanaan PKB
C. Tujuan
C. Manfaat
BAB II ON THE JOB LEARNING
A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
1.Tahapan Kegiatan PKB Moda Tatap Muka 
2.Waktu dan Tempat Kegiatan
3.Narasumber dan Fasilitator
4.Panitia Kelas 
5.Struktur Program 
6.Rancangan Kegiatan 
B. Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan 
C. Produk yang Dihasilkan 
1.Pelaporan Kegiatan OJL 
2.Lembar Kerja 
BAB III PENUTUP 
LAMPIRAN 

Berikut sekilas Latar Belakang dari Laporan OJL PKB
Pembinaan karier guru di Indonesia menjadi prioritas pemerintah yang dalam pelaksanaannyadilandasi oleh beberapa perundang-undangan, di antaranya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentangGuru dan Dosen. Dalam Pasal 40 ayat (1) huruf c Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa Pendidik dan Tenaga Kependidikanberhak memperoleh pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas. Pasal32 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyebutkanbahwa pembinaan dan pengembangan guru meliputi pembinaan dan pengembangan profesidan karier, ditegaskan dalam ayat (4) meliputi penugasan, kenaikan pangkat, dan promosi.Untuk merealisasikan amanah Undang-undang sebagaimana dimaksud, KementerianPendidikan dan Kebudayaan melaksanakan peningkatan kompetensi bagi semua guru, baik yangsudah bersertifikat maupun belum bersertifikat.Untuk melaksanakan peningkatan kompetensitersebut, pemetaan kompetensi telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruhIndonesia sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan kebutuhan peningkatankompetensinya.
Sekilas Dasar hukum pelaksanaan PKB
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
6. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015 – 2019.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
8. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Untuk lebih lengkap dari Laporan On The Job Learning (OJL) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini, silahkan untuk Bapak dan Ibu miliki saja file lengkapnya dalam bentuk doc (Ms.Word) pada link berikuti ini.

Download Laporan OJL (On The Job Learning) PKB
Download Lampiran OJL (On The Job Learning) PKB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar