Minggu, 01 Oktober 2017

Program Kerja Wakasek Kurikulum

Posted by on Minggu, 01 Oktober 2017
Program Kerja Wakasek Kurikulum - Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan,  kesehatan,  keterampilan dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan Program Kerja Kurikulum sekolah yang berbasis pada kompetensi peserta didik.
Program Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan . Sesuai dengan pengertian tersebut, Program Kerja Kurikulum berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan Sekolah.
Program Kerja Wakasek Kurikulum

Contoh Program Kerja Wakasek Kurikulum

Contoh Program kerja ini memiliki Rumusan tujuan untuk mengacu pada fungsi dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam  Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta peraturan-peraturan pemerintah yang menyertainya.

Penyelenggaraan pendidikan dasar bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia; mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis; dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Penyelenggaraan pendidikan menengah bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraKhlak mulia; mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis; menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi; memiliki etos dan budaya kerja;  dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Tujuan penyusunan Program Kerja Kurikulum

  • Terwujudnya tujuan pendidikan di lingkungan Sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai bahan acuan pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan dan sekaligus sebagai salah satu alat evaluasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan bidang kurikulum, baik selama pengelolaan berlangsung maupun pada akhir tahun pelajaran .
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan program kurikulum baik langsung maupun tidak langsung.
Itulah sekilas yang dapat Admin tulisakan mengenai Program Kerja Wakasek, untuk lebih lengkap dan jelas mengenai informasi tersebut. Bapak dan Ibu dapat mendownload file lengkapnya yang telah di sediakan dalam bentuk doc / ms.word pada link di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar